rss
email
twitter
facebook

Minggu, 13 Juni 2010

PREVIEW PIALA DUNIA 2010: Aljazair vs Slovenia

Publik sepakbola dunia cenderung mengabaikan Aljazair dan Slovenia, kaena di Grup C terdapat Inggris dan AS. Jadi, ini laga para underdog, tapi pemenangnya jika salah satu dari Inggris atau AS kehilangan angka akan menjadi kuda hitam.

Aljazair mungkin tim paling tidak diperhitungkan, sehubungan performa buruknya dalam lima laga terakhir. Mereka menjadi bahan cemoohan publik Mesir, yang menganggap Pharaoh lebih pantas ke Piala Dunia 2010.

Slovenia juga tak berbeda jauh dengan Aljazair. Mereka mengakhiri kualifikasi zona Eropa di peringkat kedua, dengan hanya menghasilkan enam gol. Namun Slovenia menjadi lebih berhak ke Piala Dunia berkat gol playoff saat menghadapi Rusia.

Ini kali kedua Slovenia tampil di Piala Dunia. Pertama tahun 2002, dan gagal total, dengan tidak meraih satu angka pun. Di Euro 2000, Slovenia sempat meraih dua hasil seri, dan gagal menang. Seolah ada beban sejarah di pundak pemain Slovenia, ketika berlaga di turnamen internasional.

Namun negara muda ini merasa 2010 adalah tahun untuknya. Ia yakin bisa mengatasi semua tim di Grup C, meski mungkin banyak orang mencibir.

Slovenia punya alasan untuk optimistis, tapi tidak satu pun yang bermain reguler sepanjang. Salah satunya Rene Krhin, yang sedang menunggu giliran bersinar bersama Inter Milan.


Aljazair
04-03-2010 Aljazair 0 - 3 Serbia
13-03-2010 Aljazair 1 - 0 Libya
18-04-2010 Libya 2 - 1 Aljazair
29-05-2010 Irlandia 3 - 0 Aljazair
05-06-2010 Aljazair 1 - 0 UAE

Slovenia
15-10-2009 San Marino 0 - 3 Slovenia
14-11-2009 Russia 2 - 1 Slovenia
19-11-2009 Slovenia 1 - 0 Russia
04-03-2010 Slovenia 4 - 1 Qatar
05-06-2010 Slovenia 3 - 1 Selandia Baru


Situasi Aljazair
Yazid Mansouri tidak hanya kehilangan ban kapten, tapi juga tempatnya di starting XI. Tuganya sebagai kapten digantikan defender Antar Yahia. Namun cedera yang dialami saat latihan Jumat lalu, membuat Yahia diragukan bisa bermain.

Medhi Lacen akan mengisi tempat Mansouri di jantung lapangan tengah. Penjaga gawang Faouzi Chaouchi dan Nadir Balhadj dilarang berlaga. Posisi Balhadj digantikan pemain tak berpengalaman Djamel Mesbah, karena Rafik Djebbour diragukan.

Prakiraan Susunan Pemain: Gaouaoui; Halliche, Bougherra, Yahia, Masbah; Boudebouz, Lacen, Yebda, Ziani; Djebbour, Matmour

Situasi Slovenia
Zlatan Ljubijankic telah bisa dimainkan, setelah dinyatakan sembuh dari cedera. Namun tidak ada jaminan Ljubijankic bermain sejak menit pertama. Zlatko Dedic diperkirakan menjadi starter di lini depan, bersama Milivoje Novakovic.

Prakiraan Susunan Pemain: Handanovic; Brecko, Cesar, Suler, Jokic; Kirm, Radosavljevic, Koren, Birsa; Dedic, Novakovic


Pemain Layak Diamati
Madjid Bougherra: Defender Glasgow Rangers ini akan menjadi figur kunci bagi pasukan Rabah Saadane. Ia dikenal tak kenal kompromi, dan terbiasa melakukan semua cara untuk menghentikan serangan lawan. Di level klub, Bougherra menjalankan tanggung jawabnya dengan baik. Kini, publik Aljazair menunggu aksinya di Piala Dunia.

Milivoje Novakovic: Publik Slovenia kerap membandingkannya dengan Zlatko Zahovic, salah satu legenda di negaranya. Pers mengatakan Novakovic lebih tajam. Tidak hanya saat berlaga besama FC Koeln, maupun di tim nasional. Ia mencetak tiga gol dalam laga pemanasan jelang Piala Dunia 2010, yang membuatnya patut dipertimbangkan sebagai calon bintang turnamen ini.


Prediksi
Aljazair datang ke Piala Dunia 2010 sebagai tim terlemah di Grup C. Dari empatlaga persahabatan, Aljazair kesulitan menghadapi tim-tim Eropa; dikalahkan Serbia dan Irlandia masing-masing 3-0. Dipecundangi Libya 2-1, dan susah payah mengalahkan Uni Emirat Arab dan 1-0. Menghadapi Slovenia, tim dengan permainan bertahan mengesankan, Aljazair dipastikan kesulitan.


Algeria 0-1 Slovenia

0 komentar:

Posting Komentar